Senin, 27 November 2017

Durian Merah di Jawa Timur

Durian Merah
Durian Merah
Buah durian merupakan tumbuhan buah berbentuk pohon yang hidup di daerah tropis. Saat ini terdapat banyak jenis buah durian namun ada salah satu buah durian yang aneh yaitu durian merah. Berbeda dengan dengan buah durian lainnya, durian merah ini memang sangat aneh. Sebab jika jenis buah durian yang biasa, daging buahnya rata-rata berwarna kuning akan tetapi jika durian merah memiliki daging buah yang berwarna merah.

Durian merah ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan di daerah Jawa Timur. Oleh karena itu banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur rela datang hanya unutuk menikmati buah ini.

Pohon Durian Merah
Pohon Durian Merah
Durian yang nama latinnya Durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan buah durian lainnya yaitu berwarna kuning. Untuk cara hidup durian ini sama seperti buah durian lainnya yaitu tumbuh di daerah tropis pada ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi waktunya berbuah durian merah tidak menentu, tidak bisa dipastikan kapan durian ini berbuah. Yang pasti adalah durian merah hanya berbuah sekali dalam setahun.

Buah Durian Merah
Buah Durian Merah
Durian merah di Jawa Timur masih tergolong langka, tak heran banyak pegunjung yang tidak bisa membawa pulang buah ini. Sehingga untuk mendapatkan bibit durian di daerah ini sangat sulit. Biasanya pengunjung hanya membawa pulang bijinya dijadikan bibit durian untuk ditanam dirumah. Ternyata durian merah ini juga bisa ditemukan di daerah Kalimantan dan beberapa daerah lainnya, karena durian ini pertama kali ditemukan di daerah pedalaman Kalimantan. Oleh karena itu di daerah Kalimantan kitalebih leluasa mendapatkan bibit durian walaupun di Jawa Timur sangat sulit.
Previous Post
Next Post

0 komentar: