Kamis, 30 November 2017

Carica Papaya Angin Segar bagi Bisnis Pepaya

Buah Carica Papaya

Carica Papaya Angin Segar bagi Bisnis Pepaya
Carica Papaya Angin Segar bagi Bisnis Pepaya
Berbisnis dengan buah pepaya lokal sudah biasa. Namun, lain halnya jika berbisnis dengan saudara dari buah pepaya ini, carica papaya namanya. Carica papaya ini memang benar-benar saudara dari buah pepaya. Yang membedakan adalah bentuk pohon carica papaya ini jauh lebih tinggi, dan mempunyai cabang. Buah carica papaya pun lebih kecil, hanya maksimal 15 cm, tumbuh bergerombol di dahan pohon, serta sangat bergetah.

Bisnis Papaya
Bisnis Papaya
Rasanya pun agak asam dan tekstur buahnya tidak lembut, melainkan agak kenyal. Justru yang terasa manis adalah bagian selaput di bijinya. Pohon carica papaya ini bisa tumbuh di dataran tinggi yang curah hujannya tinggi. Sangat berbeda dengan buah pepaya. Persamaannya adalah, budidaya pepaya ini tergolong mudah dan bisa ditanam di antara tanaman-tanaman lain. Tentunya, harus memiliki keahlian dalam bertanam buah pepaya, dan harus mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa didapat dari budidaya buah pepaya yang satu ini.

Bisnis dengan buah carica papaya ini lebih banyak proses. Karena buah ini tidak langsung dijual mentah, melainkan harus diolah terlebih dahulu. Olahan yang paling menjanjikan adalah membuat menjadi sirup buah carica papaya. Tekstur buah yang kenyal sangat cocok untuk dibuat sirup manis, menjadikan kelebihan bagi rasa buahnya. Sirup ini biasa dibuat dengan perasan selaput biji carica papaya. Lalu daging buah dibersihkan dari getah, dipotong-potong, lalu dimasak bersama dengan sirup manisnya.

Carica Papaya
Carica Papaya
Untuk mendapatkan bibit carica papaya, bisa langsung menuju Pegunungan Dieng. Pilih buah yang berasal dari pohon unggul dan tidak terlalu tua, lalu ambil bijinya. Bibit yang berkualitas akan menentukan kualitas dari buah carica papaya. Tidak ada trik khusus dalam penyemaian maupun penanaman pohon carica papaya ini. Hanya saja, apabila dirasa buah carica yang ditanam sudah mulai menurun kualitasnya, maka pohon itu harus diregenerasi. Caranya adalah dengan menebang pohon yang sudah tidak bagus, dan nantinya akan tumbuh tunas baru yang kualitasnya jauh lebih baik. Sangat mudah bukan budidaya pepaya yang satu ini?
Previous Post
Next Post

0 komentar: