Rabu, 29 November 2017

Bambu Pesona Taman Tropis

Bambu Pesona Taman Tropis
Bambu Pesona Taman Tropis
Pemanfaatan bambu sebagai tanaman hias semakin banyak peminatnya. Menggunakan bambu sebagai tanaman hias, dapat disesuaikan dengan luas lahan. Untuk lahan yang berukuran luas dan memanjang, pohon bambu dapat digunakan sebagai pagar. Jika taman tidak terlalu luas, bambu dapat di tanam berumpun di salah satu sudut. Jika memungkinkan, dapat ditanam di tengah taman sebagai view yang menarik. Mengkombinasikan bambu ditengan rumput-rumputan dapat menjadikan taman terlihat lebih hijau.

Aplikasi penanaman pohon bambu merambah di berbagai tempat. Bambu sebagai tanaman hias dapat kita jumpai di area rumah makan khas sunda, dengan menggunakan konsep rumah makan saung dikelilingi pohon rindang, memberikan kesan natural. Bambu juga telah banyak di aplikasikan untuk taman perkantoran, tepi jalan, komplek perumahan, dan pertokoan. Peminat tanaman bambu yang semakin meluas, menjadikan harga bambu relatif lebih mahal.

Bambu Tanaman Tropis
Bambu Tanaman Tropis
Perawatan tanaman bambu tidaklah sulit. Bambu hidup di tempat terbuka dengan intensitas cahaya yang cukup. Perawatan dapat dilakukan berkala, penyiraman dapat dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore. Dahan dan ranting yang menua dapat dipangkas agar tanaman hias tetap rapi dan terlihat menarik. Beberapa jenis bambu dapat di bentuk agar lebih menarik, pembentukan dapat disesuaikan dengan karakter bambu. Dengan kreatifitas, bambu juga dapat dijadikan sebagai bonsai.

Jenis bambu yang banyak digunakan untuk tanaman hias adalah jenis bambu kuning (Phyllostachys sulphurea/Bambusa vulgaris) yang berasal dari Cina. Selain itu, bambu jepang (Variegata Arandinaria japonica/Sasa fortune) dan bambu Thailand juga banyak dibudidayakan. Selain untuk menghijaukan taman, bambu juga memiliki banyak manfaat sebagai bahan baku kerajinan tangan. Bambu muda atau biasa disebut rebung, dapat diolah sebagai bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi.

Tanaman Bambu
Tanaman Bambu
Harga bambu hias bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bambu kuning yang dipercaya bagai sebagian orang Cina dapat memperlancar rejeki, menjadikan bambu ini memiliki nilai jual tinggi. Budidaya bambu kuning dapat menjadi solusi bisnis di tengah popularitas bambu sebagai tanaman hias untuk taman tropis.
Previous Post
Next Post

0 komentar: